Thursday 10 December 2015

,

Kisah Perempuan Sederhana yang Kupanggil Ibuk


Tak banyak cerita tentang ibu yang bisa aku bagi. Tak ada kisah romantis antara anak perempuan dan ibunya. Atau cerita dramatis yang bisa membuat orang lain terharu hingga meneteskan air mata.

Ibuk, bukan pekerja kantor yang memiliki karier cemerlang. Ibuk, sosok sederhana dari seorang perempuan. Ibuk, perempuan yang sangat mengenal dapur, segala isi rumah, anak-anak dan suaminya.

Namun dari kesederhanaan Ibuk, ada satu hal yang membuatnya menjadi sosok mengagumkan bagiku. Ibuk yang selalu ada untukku, untuk kami, anak-anaknya.

Setiap hari, tanpa pernah absen kecuali bila ia sakit, Ibuk selalu bangun jam empat pagi. Shalat shubuh, lalu memasak untuk sarapan. Menyiapkan aku dan dua adikku untuk pergi ke sekolah. Ketika kami di sekolah, Ibuk membersihkan rumah dan memasak lagi untuk makan siang dan malam. Ibuk melakukan semuanya sendiri, tanpa pembantu.

Ketika aku tiba di rumah, Ibuk selalu menyambutku dengan senyuman. Secapek apapun ia memasak dan mengurus rumah, Ibuk akan menyiapkan dan menemani aku makan. Memperlihatkan hasil racikannya, sambil menanyakan bagaimana hariku di sekolah. Lalu aku bercerita dan sering kali mengeluhkan tentang pelajaran yang sulit.

Dalam keluargaku tidak pernah ada acara makan bersama di meja makan. Tapi selalu ada Ibuk yang menemaniku makan. Ibuk akan mendengarkan curhatanku dan beberapa kali memberikan nasihat. Hal yang akan aku lakukan juga pada anak-anakku nantinya.

Hari ini, 10 Desember 2015, usiamu genap 49 tahun. Tak ada perayaan atau sekedar nasi kuning seperti yang Ibuk biasa masak saat aku ulang tahun. Tapi ada rasa syukur yang terus kami ucapkan dan doa yang terus terpanjat kepada Allah, karena aku memiliki ibu sederhana sehebat Ibuk.

Ibuk, selamat ulang tahun. Semoga panjang umur dan sehat selalu, hingga nanti aku dan adik-adik bisa membahagiakanmu...

"Tulisan ini diikutsertakan dalam GA Sejuta Kisah Ibu"
Share:

4 comments:

  1. Selamat Milad untuk ibundanya. Salam sayang

    ReplyDelete
  2. Selamat ulang tahun untuk ibunda mba ya. Semoga senantiasa di berikan kesehatan oleh Tuhan. Amin

    ReplyDelete