Friday 26 February 2016

, ,

Cerita Awal Ngeblog


Hola!

Aku ingin bercerita tentang awal perjalananku menjadi blogger. Ehhh, aku agak malu kalo disebut blogger. Karena ketidakkonsistennya aku menulis di blog. Hehehe.

Aku mengenal dunia blogging sejak pertengahan tahun 2011. Saat itu sedang keranjingan dengan komputer dan internet. Maklum, baru dapat hadiah komputer dari Bapak. Juga untuk mengisi waktu luang, saat itu baru lulus SMA dan sedang menunggu pengumuman masuk universitas. Lumayan lama, sekitar dua bulan nganggur di rumah.

Awalnya internet hanya aku gunakan untuk mendownload lagu-lagu yang sedang booming, tahukan yang download lagu harus nunggu 100-an detik itu? Lagu-lagu yang tren saat itu adalah lagu dari boys dan girls band.
 
Gambar dari sini

Dan aku mengakui saat itu, aku menyukai boyband SMASH. Dari sanalah awal aku ngeblog. Mulai mencari tahu segala tentang SMASH dari blog-blog yang sudah ada. Kemudian mulai menuliskan lirik lagu, fakta-fakta seputar personil SMASH, dan mencantumkan video mereka di blog.

Tapi itu tak bertahan lama dengan memudarnya kepopuleran masa boys dan girls band. Aku mulai jarang ngeblog dan akhirnya menghapus blog itu. Waktu itu juga mulai aktif kuliah dan ikut UKM teater, hingga nggak punya banyak waktu.

Ini mah cuma alasan. Hehehehe...

Sempat beberapa membuat blog dan menghapusnya. Akhirnya aku membuat blog Sulung Stories dengan url sulungstories.blogspot.com. Blog itu berisi curhatan tentang cinta dan tulisan-tulisan fiksi karyaku.

Jarang mendapat kunjungan dan komentar membuatku malas ngeblog lagi. Waktu itu juga nggak pernah share postingan di akun media sosial. Juga nggak ngerti tentang SEO, sampai sekarang juga masih belajar tentang itu.

Blog itu lagi-lagi gulung tikar, ehhh. Aku nggak menghapus blog itu, hanya tidak dipublish. Kalau baca blog itu jadi malu sendiri. Isinya seperti diary online.

Setelah lama nggak ngeblog dan lagi-lagi karena punya waktu luang yang banyak. Mulai sering buka sosmed dan info dari blogger-blogger kece. Jadi iri dengan mereka yang bisa konsisten nulis. Apalagi dengan demam FOMO.



Akhirnya Desember 2015 aku membuat blog baru dengan nama yang sama, Sulung Stories. Tapi dengan url yang berbeda. Sepertinya aku belum bisa move on dari nama itu.

Blog yang sekarang kamu baca inilah hasilnya.

Tujuan awal membuat blog Sulung Stories adalah untuk mempublikasikan tulisan-tulisan fiksi yang menghuni laptopku. Semoga bisa konsisten nulis, bukan hanya tulisan fiksi tapi juga artikel atau tulisan non fiksi lainnya. Semoga.

Aku belum tahu akan seperti apa blog ini nantinya. Tapi aku berjanji pada diri sendiri untuk terus menulis. Konsisten dengan niat awal ngeblog dan berbagi dengan teman-teman di dunia maya ini.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Kekinian Challenge: Februari yang diselenggarakan oleh Blogger Kekinian"

http://www.bloggerkekinian.com/2016/02/blogger-kekinian-challenge-februari.html

Share:

15 comments:

  1. udah lumayan juga ya dari tahun 2011 awal ngeblog.
    semoga yang ini gak dihapus lagi ya, sayang juga kalo dihapus terus buat lagi.

    ini buat lomba tah, miga menang dah.

    ReplyDelete
  2. Oh, jadi gara-gara Smash. Jadi blognya, khusus untuk ngebahas boyband, gitu.

    Jadi ini rumah kedua yah, mbak? Semoga terus konsisten, dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu pernah bikin blog tentang SMASH. Tapi udah di hapus, karena sering dibilang alay :(
      Ini rumah satu-satunya. Thanks :)

      Delete
  3. Bagus namanya Sulung Stories. Iya, tinggal konsistennya saja, Mbak. Selamat datang kembali. Mari menulis lagi! ^_^

    ReplyDelete
  4. waah,, udah lama juga ya ngeblognya... salam kenal yaa :)

    menulis fiksi? hmmm kita hampir sama... hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :)
      Iyaa, lagi belajar nulis fiksi. Toss :D

      Delete
  5. Yang penting selalu semngat untuk berkaraya...

    ReplyDelete
  6. semoga selalu semangat nulis dan berbagi...

    ReplyDelete
  7. semoga makin rajin menulis dan berbagi inspirasi di dunia blog

    salam

    ReplyDelete
  8. lama juga ngeblog nya, hampir sama nih kisahnya cuman gue makin betah ngeblog cuman gara-gara mau ikutan lomba aja tapi makin kesini seru juga ngeblog sampe akhirnya otodidk ngutak-ngatik html sendiri jadi udah bisa

    ReplyDelete