Friday, 4 August 2017

[Review Buku] HERE, AFTER – MAHIR PRADANA

"Setiap orang pasti memiliki suatu keinginan di dalam diri mereka, dan sometimes, 
hanya mereka sendiri yang tahu."



Judul: Here, After
Pengarang: Mahir Pradana
Penerbit: GagasMedia
Cetakan keempat 2011
197 halaman
 
Buku ini berawal dari kisah Adi dan Diana, dua orang yang saling mencintai. Tapi hubungan mereka berjalan tidak seperti yang Adi harapkan. Saya sempat merasakan narasi yang membosankan di awal kisah ini. Mungkin karena awalnya saya pikir buku ini adalah novel yang berkisah tentang mereka berdua saja. 

Tetapi Here, After adalah semacam kumpulan cerpen karya Mahir Pradana. Dalam Here, After cerpen-cerpen yang disajikan saling berkaitan. Setiap tokoh utama dalam setiap cerpen memiliki hubungan satu sama lain. Buku ini disajikan dengan jalan cerita yang beragam, tetapi terfokus pada tema cinta yang harus berakhir.

Ada 10 cerpen dengan 10 tokoh utama yang seluruhnya menggunakan sudut pandang orang pertama. Penulis menggunakan gaya penceritaan yang berbeda, sehingga masing-masing tokoh utama dalam setiap cerpen memiliki karakter yang kuat dan unik. Cerita favorit saya dari buku kumcer ini yaitu Novi. Cerpen Novi, seperti judulnya, menceritakan kisah seorang perawat bernama Novi yang bekerja di rumah sakit jiwa. Selain profesinya yang tidak biasa, juga memiliki ending cerita yang tak terduga.

Here, After mengajak kita untuk merasakan patah hati dari berbagai sudut pandang dan belajar menerima serta ikhlas melepaskan.

"Puisi itu tidak perlu dipikirkan. Yang perlu dilakukan hanyalah mendengarkan isi hatimu, lalu biarkan hatimu menjelajahi kata demi kata yang berada di sekitarmu."

Share:

0 komentar:

Post a comment